WordLinx - Get Paid To Click

Selasa, 01 Januari 2013

Tip Menghilangkan Noda Luntur di Pakaian

Selamat Tahun Baru 2013
Semoga kita semua lebih sukses dan berkah di tahun ini.

Di Penghujung tahun sudah seperti kewajiban untuk mengisinya dengan berbagai acara, dari mulai merenungi diri di dalam rumah hingga keluyuran menghitung kembang api. Tapi yang sangat lazim dilakukan adalah mengadakan perjalanan wisata untuk mengisi liburan akhir tahun, atau menghabiskan jatah cuti bagi yang masih memilikinya. 
Nah, waktu selesai wisata dan kembali ke rumah biasanya kami sekeluarga membawa cukup banyak oleh-oleh termasuk oleh-oleh cucian kotor sekeluarga yang volumenya lebih banyak dari biasanya. Terlebih seperti saya dengan dua orang anak yang lagi hobi-hobinya main air...pulang liburan terkadang masih menyisakan cucian kotor dan basah sisa berenang di akhir-akhir session.
Disinilah masalah tahunan sering kami alami, demi effisiensi di ruang bagasi...cucian basah dan kotor sering dipacking padat dan bercampur all colours, dan hasilnya begitu hendak di cuci....awww,...ada pakaian yang terkena noda lunturan (terutama jelana jeans biang pelunturnya)...dan sang washer tidak berdaya menghilangkan nodanya.
Terdorong kasus berulang ini, kami coba beberapa tips untuk menghilangkan noda luntur tersebut, diantarnya adalah:
  1. Menggunakan Asam Cuka. Larutkan asam cuka pada air yang telah dicampur dengan deterjen. Rendam pakaian yang terkena luntur ke dalam larutan lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu bilas seperti biasa. Nah, pakaian Anda cerah kembali. Selain pakaian warna-warni, ada juga biang luntur yaitu pakaian batik. Untuk mencegah pakaian batik luntur, rendamlah semalaman kain batik tersebut dengan air kelapa, baru dicuci dengan deterjen. Insya Allah kain batik tersebut tidak luntur lagi.
  2. Menggunakan Bumbu Penyedap/Micin atau Monosodium Glutamate (MSG). Tuangkan deterjen sedikit saja ke ember, lalu campur dengan micin (MSG). Takaran micin harus lebih banyak dibandingkan dengan deterjen untuk takarannya dikira-kira saja disesuaikan dengan baju yang mau dihilangkan noda lunturnya. Kemudian siapkan air panas/hangat, tuangkan kedalam ember yang sudah terdapat campuran deterjen dan MSGnya. Masukan pakaian yang terkena lunturan dan diamkan beberapa saat sampai airnya menjadi dingin. Setelah airnya dingin, cucilah sebentar lalu angkat pakaian dari larutan. Lakukan pencucian ulang dengan menggunakan deterjen saja (tanpa MSG) maksudnya untuk menghilangkan kandungan MSG yang dapat menempel pada pakaian, kemudian bilas lalu jemur seperti biasa.
  3. Tips paling ampuh dan murah menghindari noda luntur, tentunya dengan berhati-hati dalam mencampur pakaian saat mencuci, dan memisahkan antara pakaian berwarna atau yang berpotensi luntur dengan pakaian polos/putih. 
Semoga posting ini bermanfaat dan selamat menikmati liburan.

4 komentar:

  1. Postingannya bermanfaat sekali. Terima kasih sudah berbagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih tlah berkunjung...sdg belajar berbagi, semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. Tadi Dah di coba tapi gak bisa

    BalasHapus
  3. ada 2 kemungkinan noda susah hilang dg resep ini: Pertama. Noda sudah terlanjur lama di kain, bahkan sdh mengalami proses cuci-setreika berulang2...dlm keadaan ini biasanya noda sudah benar2 bersatu dengan serat kain. Kedua. Jenis kain yg kena noda cukup tebal (seperti jeans, wool)..dan pada kain sprti ini pengalaman saya hasil 'cleaning' nya tidak maksimal, krn noda meresap jauh dibawah permukaan kain....demikian, i'm feel so sorry...

    BalasHapus