WordLinx - Get Paid To Click

Jumat, 15 Maret 2013

Trik Menghangatkan Sisa Nasi Dengan Rasa Tetap Enak

Peningkatan aktifitas di luar rumah, baik bekerja, sekolah, ataupun kesibukan lain telah menuntut kerja ekstra efisien dan efektif terutama pekerjaan ibu rumah tangga di rumah. Berbagai perangkat rumahtangga pun saat ini banyak menunjang keperluan efektifitas tersebut semuanya disediakan serba otomatis, cepat, dan instant termasuk untuk urusan dapur, lahirlah perangkat microwave, magic com, rice cooker dan lain-lain.

Namun, dalam menggunakan kepraktisan alat modern ini seringkali kita mengabaikan kapasitas alat tersebut karena alasan kesibukan...sebagai contoh memasak nasi dengan rice cooker sampai penuh...dengan maksud sekali kayuh dua tiga pulau terlampaui,...dengan sekali tekan tombol, ada persediaan nasi siap saji dari pagi sampai pagi lagi!...waduh, gimana rasanya ya?
Di saat alat masih baru tentu hal ini tidak masalah, dengan tetap menyalakan alat maka persediaan nasi panas masih tersedia tanpa menjadi kering atau berubah warna dan aroma, tetapi tentu ini memboroskan energi listrik. Berbeda jika alat telah lama digunakan, masalah perubahan warna dan tekstur nasi yang menjadi keras sering timbul, sedangkan jika alat dimatikan maka nasi menjadi basi dan tidak dapat dikonsumsi lagi keesokan harinya.

Nah, berikut trik terbaik untuk mendapatkan kualitas nasi yang memiliki rasa dan tekstur sama dengan saat pertama kali nasi tersebut dimasak adalah sebagai berikut:
  1. Ambil nasi dengan gelas sebagai takaran dan letakkan nasi sisa kemarin dalam wadah mangkuk anti panas (microwave-safe bowl)
  2. Ambil sedikit es batu atau 1-2 kotak kecil es batu (jika menggunakan es batu cetakan di freezer) dan letakan es batu di atas nasi tadi.
  3. Tutup nasi tadi dengan plastik saji (plastic wrap), kemudian tusuk-tusuk pada beberapa permukaan plastik untuk membuat lubang-lubang kecil agar memungkinkan uap air keluar dari permukaan nasi.
  4. Panaskan mangkuk berisi nasi tadi pada suhu tinggi selama kurang lebih 90 detik untuk setiap gelas nasi dalam mangkuk (jika ada dua gelas nasi dalam mangkuk berarti dipanaskan selama 180 detik atau 3 menit).
Setelah waktu yang ditentukan keluarkan mangkuk nasi dari microwave dan nasi siap dinikmati kembali.
Jika trik ini berhasil, maka nasi kemarin akan terasa seperti nasi yang baru dimasak untuk pertama kalinya,.hmmmm...yummmy....selamat mencoba !.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar